Rontgen Gigi Panoramik

Pemeriksaan panoramic pemeriksaan penunjang yang digunakan dalam kedokteran gigi berupa bentuk foto Rotgen. Pemeriksaan gigi ini bertujuan untuk melihat lebih jauh dan jelas gambaran gigi dan jaringan lunak yang ada di sekitarnya.

Pemeriksaan panoramic merupakan pemeriksaan noninvasif. Selain itu, panoramic merupakan prosedur ekstraoral sederhana yang menggambarkan daerah rahang atas dan rahang bawah dalam satu film.

Rontgen atau pemeriksaan panoramic yang membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit ini, dilakukan oleh dokter gigi atau spesialis bedah. Pemeriksaan ini nantinya akan memberikan informasi mengenai sinus maxillary, posisi gigi, dan kelainan tulang di daerah mulut.

Tak hanya itu, melalui rontgen panoramic, dokter juga bisa mengetahui kelainan di periodontal, tumor rahang atau kanker mulut, kista pada tulang rahang, kelainan rahang, gigi yang terganggu akibat gigi geraham belakang yang baru tumbuh, hingga kelainan terkait daerah mulut lainnya.

  • Apa indikasi dilakukan pemeriksaan Rontgen gigi Panoramik?
  1. Mencari adanya masalah di dalam mulut. Contohnya, pembusukan gigi, kerusakan tulang yang menyokong gigi, dan cedera gigi lainnya. Rontgen gigi ini umumnya digunakan untuk mendeteksi dini masalah yang ada pada gigi dan mulut.
  2. Mencari gigi yang tidak berdiri di tempat seharusnya atau tidak dapat tumbuh keluar di dalam gusi. Selain itu, rontgen gigi juga digunakan untuk menelisik posisi gigi yang terlalu ramai dan rapat satu sama lain (gigi dempet).
  3. Ingin melakukan terapi untuk memperbaiki susunan gigi.
  4. Memeriksa lokasi gigi permanen yang tumbuh dalam rahang pada anak-anak yang masih memiliki gigi susu.
  5. Menemukan kista, tumor, ataupun abses.
  6. Menjadwalkan terapi gigi, seperti bedah akar, operasi cabut gigi, gigi berlubang yang cukup parah, hingga implan gigi.
  • Apa keuntungan dan Resiko melakukan rontgen Panoramic?

Usai prosedur pemeriksaan panoramic dilakukan, pemeriksaan ini tidak menyisakan radiasi di tubuh. Di samping itu, pada umumnya rontgen gigi ini juga tak memiliki efek samping karena film tak perlu diletakkan di dalam mulut, rotgen gigi ini terbilang aman dilakukan pada anak kecil

Jadwal Dokter RSUP dr. Sitanala:

dr. Tamara Sari H.
Sp.M Mata

Jadwal Praktek

Selasa, Kamis

Jam 08.00 - 13.00

dr. Reni Violeta
Sp.M Mata

Jadwal Praktek

Senin, Rabu, Jumat

Jam 08.00 - 13.00

Waktu pelayanan Rs dr Sitanala

senin s/d jumat

Hubungi Kami:

RSUP Dr. Sitanala

Telp. 021-5523059

Email: csrsdrsitanala@gmail.com

Skip to toolbar